Pencarian Dokter Kandungan


Setelah kejadian testpack yang manjur cuma sama si suami akhirnya masuk ke babak selanjutnya, apalagi kalo bukan menindaklanjuti kehamilan tersebut. Kami tipikal orang yang tidak mau ribet, jadi pilih Rumah Sakit berdasarkan pengalaman orang aja, terutama keluarga. Sempat googling cari tahu tentang Rumah Sakit tapi ujung-ujungnya pusing sendiri. Akhirnya memutuskan untuk coba Rumah Sakit kaka ku saat melahirkan ponakan pertama, padahal waktu lahirnya sih aku nggak datang kesana juga. Hehehe.. Tanpa tanya langsung dengan yang bersangkutan aku dan suami memutuskan untuk langsung aja telpon dan cari dokter yang available besok pagi. Rumah Sakit Ibu dan Anak Tambak yang dimaksud. Bertempat Jalan Tambak No. 18, Menteng, Pegangsaan, RT.1/RW.6, Pegangsaan, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10320. Lebih tepatnya ga jauh dari Stasiun Manggarai. Sebelum datang liat websitenya dulu list dokter yang ada. Dicocokin dengan jadwal besok pagi ternyata ada dokter Priyo. Sama sekali ga kepikiran baiknya pilih dokter cewe apa cowo, pikirannya yang penting ini beneran hamil apa nggak hehhee. Oia, pendaftaran via telpon bisa hubungi di  (021) 2303444. Jadwal dokter kandungan juga bisa cek disini ya! Langsung aja aku ceritain detailnya ya.
Rumah Sakit
Awalnya kami sering lewat rumah sakit ini, selain ga terlalu jauh dari rumah jalurnya emang jalur alternatif untuk ke arah salemba atau senen. Pas masuk tidak terlalu luas seperti Rumah Sakit pada umumnya, banyak kelokan untuk ke beberapa ruangan. Tapi tenang, tetap ada lift kok. Bentukan dalamnya tidak seperti RSIA lain. Disini parkirnya dikit, dipinggir jalan untuk parkir mobilnya, tapi nggak usah takut kena DISHUB karna dijagain petugas dari Rumah Sakitnya, belum jadi masalah sih selama ini karena parkir mobil ya dapet-dapet aja.
Dokter Pertama
Pertama kali kesini tanggal 16 Januari 2018, langsung ke dr. Priyo Yudhosari, Sp.OG ( Obstetri & Ginekologi (Kebidanan dan Kandungan)) dengar-dengar dia praktek juga di Kemang Medical Care & Siloam Hospitals Asri Mampang. Pas daftar via telpon dapat nomor antrian 2, wah berarti ga ngantri dong. Tidak lama sampai langsung masuk ke ruangan. Kirain ruangannya biasa aja, ternyata bagus juga kok (penting ga penting sih). Lalu berkenalan dengan dokternya. Ternyata pertama kali cek kandungan memang dari miss v. Jadi kan kagok ya, untungnya yang ngurusin si susternya. Agak ngilu-ngilu gitu. Ternyata saat di cek pertama kali memang aku beneran hamil dan langsung dihitung-hitung HPL nya tanggal 11 September 2018. Wow kaya tanggal wtc ditabrak pesawat terbang,, eh diledakin deng (konspirasi)~. Banyak istilah kehamilan yang masih tabu dan patut diperbincangkan. Misalnya HPL, aku aja ga tau awalnya HPL tuh apa, ternyata kepanjangan dari Hari Perkiran Lahir. Sedangkan pas ditanya dokter  HPHT kapan? Nanya dong, itu apa ya? Hari Pertama Haid Terakhir. Aku tipikal yang tidak rutin menghitung jadwal mens kapan, karena selalu berubah-ubah tiap bulan dan sering terlambat 3 – 4 hari bahkan seminggu. Balik ke review dokter ini, ya dokternya baik. Pertama-tama bingung juga mau nanya apa, soalnya dokternya tipikal yang harus ditanya baru dijawab, kami juga bingung mau tanya apa ya.. Pas tanya ada pantangan apa nggak ya nggak ada, normal-normal aja, jangan cape-cape. Gitu aja sih. Karna hamil bukan penyakit. hehehe.. Periksa dengan dr Priyo sampai sekitar 3x. Pertama kali konsul ke dokter ini dan ga punya gambaran berapa biaya yang dikeluarin, mana suami entrepreuner jadi ga ada tuh asuransi yang cover istri hamil, sedangkan di kantor ku perempuan hamil tidak dicover untuk konsul dan persalinan karna beban suami. Dikasihlah resep dan langsung kita bayar ke kasir untuk totalan semuanya 1,7juta. Wow.. sempet kaget padahal konsulnya juga ga sampe setengah jam dan cepet banget deh pokonya. Ternyata harga mahal itu datang dari vitamin-vitaminnya. Konsul nya aja nggak sampe 600ribu kok. Setelah dari situ it’s ok kita legowo. Untuk konsul kedua dan ketiga nggak sampe segitu, dibawah sejuta semua karna vitamin nggak ku ambil, karna aku takut minum-minum vitamin berupa obat, mending dari konsumsi makanannya aja aku benerin.
Penasaran googling dokter favorit di RSIA Tambak siapa eh ada yang bilang dr Bote. Terus akhirnya nanya sama si Kakak, katanya sih dulu teman-temannya sama dr Bote. Dari program hamil, sampe hamilnya ada keanehan dalam janin (ga ada air ketubannya) dia paham yang begitu-begitu. Jadi ku memutuskan untuk mencoba dokter kedua.
Dokter Kedua
Pas pertama kali daftar Si dr Bote kami dapet nomer 44. Wow.. Sebegitu antrinya ya? Karna penasaran dan ga ada ekspetasi bakalan lama nunggu akhirnya ya diturutin dong, dll. Se-hits apa sih si dokter ini? Nama panjangnya dr. Botefilia Arjunadi, Sp.OG, (K)FER. Title .KFER kepanjangan dari Konsultan Fertilitas Endokrinologi Reproduksi, beliau mendalami subspesialisasi fertilitas, dokter spesialis kandungan yang mendalami masalah fertilitas suami dan istri.
Review dr. Botefilia


Beliau selain praktek di RSIA Tambak juga dibeberapa RS lain, seperti RSUP Persahabatan dan Siloam Hospitals Asri Mampang. Beliau prakter di RSIA Tambak tiap Rabu (16.00 – 19.00) dan Sabtu (08.00 – 13.00), kenyataannya akan dilayani sampai selesai walaupun sampai tengah malam, seriussss! Waktu pertama kali konsultasi di jadwal prakteknya Hari Rabu jam 16.00 s.d 19.00. Pada kenyataannya kami exited banget datang jam 5an dan baru dipanggil 23.50 WIB. Gimana? Pasien terakhir ternyata kami. Pas dipanggil uda pegel banget nunggu berjam-jam, tapi pas ketemu dokternya enak banget dia tetap ramah dan ga bete pasiennya setumpuk. Kami juga di kasih tau sebaiknya ini itu dan lebih aktif deh beliau, nggak buru-buru juga saat kita konsultasi. So far kami puas walau selalu dapat antrian di atas 15. Aku punya tips nih buat yang mau coba konsul ke dr Bote :
  1. Sebaiknya jauh-jauh hari daftarnya. Kalau habis konsul langsung booking buat bulan depan aja tetapin tanggalnya biar ga dapet nomer kejauhan kaya aku.
  2. Bawa tempat minum dan camilan karna nunggunya lama, disana tersedia dispenser lumayan bisa air panas juga. Di lantai bawah sih ada kantin ga jauh dari ruang tunggu.
  3. Tergantung kamu dapat ruangan dokter yang mana, jika yang dapat di dekat tangga naik 1 lantai itu tempat duduknya agak sakit kalo buat nunggu lama, mungkin bisa bawa bantal buat ganjal duduk. Kalau yang dapat di lantai 2 tempat duduknya busanya lebih empuk jadi ga sepegel nunggu di lantai 1.
  4. Panggilan nomor urut suka ga sesuai tergantung susternya. Waktu pertama kali antri bener sih dipanggil paling terakhir, cuma check up selanjutnya harusnya aku nomor 20an eh dipanggil pas belasan, jadi si suster juga mengecek si pasien yang datang dari pertama dan udah ngasih buku pasien padahal di dalem folder buku pasiennya ada nomor antrinya masih 20an diselipin ditengah karena pasien yang nomor awal belum datang. Adil? Kadang adil kadang nggak. Hehehe tapi beruntung sih kalo nomer antrian tengah dipanggil agak awal karena uda dateng duluan.
Dokter Ketiga
Dokter selanjutnya adalah dokter yang tidak direncanakan karena waktu itu antrian dr Bote diatas 30an dan aku tuh ga sanggup dokter pada mau cuti lebaran mesti nunggu seminggu lagi. Akhirnya ku putuskan ke dokter perempuan lain, dan capcipcup sampai di Dr. Dwi Rahmawaty,SpOG. Gak sempet googling banyak dengan dokter ini karena berfikir hanya selingan aja. Tau muka dokternya aja pas di depan ruangannya karna dipajang fotonya. Antriannya ga panjang, ga sampai 1 jam kami pun sudah dipanggil. Yang aku rasakan saat konsultasi dengan beliau juga jawabnya ga panjang-panjang dan singkat banget. Pas USG ku kurang sreg, ko kurang lembut ya, perut ku diuyek-uyek, beda sama dokter lainnya. Entah lah… Mungkin aku sedang sensitif saat itu.
Inti dari pencarian dokter di atas aku suka dengan dr. Bote, dokter favorit. Biaya yang paling mahal selama check up di RSIA Tambak ku keluarkan 1,7jt (dengan obat vitamin) dan yang termurah adalah 400rb (tidak dengan obat). Bagaimana dengan kamu? Yuk share budget yang pernah kamu keluarkan untuk biaya check up selama konsultasi ke dokter kandungan, siapa tau bermanfaat buat estimasi bumil-bumil baru di luar sana ðŸ™‚

Komentar