Nirmana 3 Dimensi Aplikasi Kertas

wah, nirmana lagi nirmana lagi, begadang lagi begadang lagi. Ini adalah prakarya gue nirmana aplikasi kertas. bahan bakunya dari kertas semua, mulai dari kertas tisu, hvs, roti, dan minyak. Setiap kertas ajib diolah entah itu dipotong, dilipat, diplintir-plintir, dianyam dan sebagainya. Yang segitiga kecil itu gue olah dari kertas HVS, yang melingker kaya obat nytamuk gue olah dari kertas tisu yang diplintir-plintir dan dilem membentuk seperti obat nyamuk, lalu yang memanjang itu gue pake kertas roti yang dipotong memanjang dan di plintir-plintir, lalu yang berbentuk bangunan kubus dan lipatan kertas yang menonjol itu berbahan dasar HVS, yang terakhir adalah anyaman dari kertas minyak. gue menggunakan lem fox, semua olahan kertas ditempel diatas stroboard ukuran 45cm x 45cm yang dilapisi oleh kertas linen putih.

Proses yang tersulit saat pembuatannya
adalah saat gue membuat segitiga kecil. T-T suuusaaaah banget ngelipetnya karena ukuran yang terbilang sangat kecil. lalu kertas tisu yang diplintir-plintir lalu digulung dan dilem dibuat seperti obat nyamuk sangat sangat sangat sulit, karena bajan tisu relatif rentan robek.

Harus hati-hati ketika
sudah membuat, sudah menempelnya dibidang, hati-hati tersenggol oleh tangan sendiri. Coba perhatikan baik-baik gambar diatas. Bagian kubus sedikit penyok karena ulah tangan yang tak sadar telah menyenggolnya, alhasil sedikit hancurlah bentuknya.
Saat mengelem hati-hati, karena lem dapat meninggalkan noda dan bercak hitam.

Good luck yah yang mendapatkan tugas nirmana jenis ini. Semoga info gue bermanfaat.Oiya sebaiknya setiap karya yang lo buat lo abadikan, karena itu bermanfaat buat portofolio kalian, dan jauh lebih baik karya-karya yang lo udah buat lo simpen, karena sayang banget udah dibuat setengah mati mala dibuang gitu aja. oke sob!
Semoga sukses :)

Komentar