Animasi 3D II

Berikut adalah penggalaman animasi yang dibuat untuk tugas uas desain animasi 3D II. Tugasnya adalah perkelompok. Tapi berhubung panjang dan bla bla, saya hanya share sedikit ya. Ini adalah sebagian kecil dari scenenya. Perasaan saya sih ga karuan pas bikin ginian. Semester 5, uasnya take home semua, 7 mata kuliah, dan semuanya susah. oke fine, itu resiko. Ga ada yang mudah di dunia ini. Dan dan dan, saya ceritain mengenai pembuatannya. Untuk softwarenya sendiri menggunakan Autodesk 3D Max 2010 / 2011 untuk desain karakter dan animasi, Autodesk Maya pembuatan karakter, Adobe Illustrator untuk membuat texturing, Adobe After Effect untuk menambahkan efek-efek. Dan Adobe Premier untuk finishing.  
Hal yang membuat lama pengerjaanya adalah rendering. Rendering adalah proses akhir setelah penganimasian. Untuk animasi  yang di bawah ini memakan waktu hampir 4 jam. padahal hanya 1 detik lebih dikit banget. Mungkin dikarenakan effect-effect yang di buat di 3D Max nya berat. Dengan bermodalkan komputer masing yang sebenernya rela gak rela RAM komputernya dibuat ngos-ngosan dibuat ngerender ya tak apalah, dari pada harus mengeluarkan 750 ribu bahkan 1 juta hanya untuk merender tugas seperti ini (-__-") *ups, maaf ya temen saya yang baca ini kesindir. hehe. Rendering di 3D Max dengan format (.Targa), lohh kenapa ga langsung (.AVI) aja? Jawabannya adalaah . . . trauma, ketika render berjam-jam eh, mati listrik. jadi buat antisipasi dan gak mau ambil resiko banyak digunakanlah format (.Targa). Gicu loh!
Ini saya berulang 3 kali, ya edit dikit di premier, copy copy  copy terus dimainin speed videonya jadi 100% - 70% - 50%. terus di kasih sound effect hasil download-an. dan jadi deh. Ini dibantuin sama Laura Natalia untuk pembuatan enviromentnya, doi keren bleh mainan 3D, master piece deh kalo di kelas. Nah, saya bagian karakter hanomannya. :3 and then, selamat berjumpa di pembuatan berikutnya. :D

Komentar